10 October 2011

Posted by RYAN ATMOJO |
Cara Memajukan Koperasi di Indonesia

Menurut saya cara memajukan koperasi di Indonesia yaitu memperbanyak jumlah koperasi dan mengajak serta seluruh masyarakat untuk membangun koperasi yang lebih baik. Selain itu juga harus ada  persediaan dana yang lebih banyak pada APBN untuk memajukan koperasi Indonesia.
Koperasi tidaklah boleh ditinggalkan karena selain sebagai wadah usaha juga dapat menjadi modal jika kita ingin meminjam uang untuk modal usaha. Koperasi tidaklah memerlukan berbagai syarat seperti bank yang terlihat tidak berasaskan kekeluargaan. Di desa-desa sudah banyak masyarakat yang mengenal koperasi akan tetapi masih ragu untuk bergabung ke dalam koperasi.
Marilah kita membangun koperasi di Indonesia menjadi lebih baik lagi. Karena bukan hanya Presiden yang bisa memajukan koperasi tetapi memerlukan dukungan masayarakat juga.
Berikut adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam memajukan koperasi di Indonesia, yaitu dengan cara :
1.      Melakukan Pelatihan-pelatihan Yang Terkait Dengan Koperasi

Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja Sumber Daya Manusia yang bekerja di koperasi dan mengembangkan setiap potensi yang ada. Pelatihan-pelatihan ini akan dilakukan untuk berbagai kalangan, yaitu kalangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) industri kreatif di Indonesia, sehingga koperasi di Indonesia semakin menuju kepada peran dan tugas koperasi. Dalam pelatihan-pelatihan ini akan dijelaskan bagaimana membangun koperasi yang baik sesuai dengan landasan koperasi Indonesia, dan melakukan berbagai workshop-workshop serta simulasi, sehingga mereka langsung mempraktekkan apa yang telah didapatkan mereka dari pelatihan tersebut. Hal ini juga untuk menciptakan anggota koperasi yang cerdas dan berpotensi, sehingga bertahan di sektor perekonomian dan dapat bersaing di pasar ekonomi juga serta dapat meningkatkan pendapatan koperasi yang adil dan merata.

2. Menambahkan Koperasi Di Indonesia
Penambahan koperasi merupakan hal yang baik untuk para masyarakat Indonesia karena koperasi memberikan banyak peluang lapangan pekerjaan. memang disetiap negara mempunyai eskalasi yang berbeda tetapi jika dilihat dari data global yang di paparkan ICA, kita akan paham betapa besar lowongan pekerjaan yang di sediakan oleh koperasi. Penambahan koperasi ini juga sangat baik karena dalam fungsi koperasi, koperasi merupakan urat nadi kegiatan perekonomian Indonesia.

3. Menyediakan Produk-produk Yang Terbaik

Penyediaan produk-produk yang terbaik ini semata-mata untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat yang melakukan pembelian di koperasi karena walaupun sebagian besar pembeli di koperasi adalah masyarakat kecil dan menengah namun mereka juga ingin mendapatkan kesejahteraan sesuai dengan fungsi koperasi. Disamping itu, harga-harga yang dijual di koperasi haruslah yang sesuai dengan kemampuan masyarakat yang membeli di koperasi yang kebanyakan adalah masyarakat kecil dan menengah.

4. Memperbaiki Sarana Dan Prasarana Koperasi
Dalam hal ini dilakukan adalah memberikan dana kepada seluruh koperasi untuk memperbaiki bangunannya. Memperbaiki tata letak barang-barang yang berada di koperasi, sehingga terlihat apik dan masyarakat dapat dengan tenang dan nyaman dalam melakukan kegiatan jual beli di koperasi. Hal ini dapat memberikan nilai plus dari masyarakat karena perubahan yang ada dalam koperasi, sehingga para masyarakat beralih membeli barang yang biasanya di supermarket atau di tempat lain menjadi ke koperasi karena tempatnya yang bersih, nyaman serta pelayanan yang memuaskan. Dari sinilah koperasi dapat meningkatkan daya jualnya kepada masyarakat selain produk yang terbaik dan harga yang terjangkau.
Hal ini dapat memperbaiki dan memajukan koperasi sebagai urat nadi kegiatan perekonomian Indonesia. Dengan cara ini diharapkan dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya dalam koperasi serta dapat bersaing dalam pasar perekonomian di dunia bukan hanya itu juga tetapi dapat menjadi koperasi terbaik di dunia yang mempunyai aset yang melebihi aset koperasi besar di negara lain dan omsetnya juga merupakan omset terbesar di dunia. Biarlah koperasi di Indonesia dapat terus maju dan berkembang karena koperasi merupakan salah satu badan usaha yang menyediakan fasilitas untuk masyarakat kecil dan menengah dan juga merupakan urat nadi kegiatan perekonomian Indonesia.


Disunting oleh   : Ryan Atmojo
NPM                      : 16210296
Kelas                     : 2EA11

0 comments:

Post a Comment